Kamis, 26 September 2019

Pengertian dan Penjelasan Mengenai Struktur Data



Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.
Pemakaian struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah:
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )

JENIS -JENIS STRUKTUR DATA
A.      Struktur Data Sederhana

1.    Array
Array adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen bertipe sama.
Setiap elemen diakses secara langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan, misalnya: integer atau karakter. Banyaknya elemen larik harus sudah diketahui sebelum program dieksekusi. Tipe elemen larik dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur atau tipe larik lain. Nama lain dari Array adalah Larik, tabel, atau vektor.

2.     Record
Record adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa field(isian) dengan berbagai macam tipe data.


A.      Struktur Data Majemuk


·         Linier.
1)      Stack(tumpukan)
Stack adalah list linier yang dikenali berupa elemen puncaknya(top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan "diatas"(top) dan penghapusan selalu dilakukan pada "top"). Karena aturan penyisipan dan penghapusan semacam itu, "top" adalah satu- satunya alamat tempat terjadinya operasi. Elemen yang paling akhir ditambahkan akan menjadi elemen yang akan dihapus. Data tersusun secara LIFO.
2)      Queue(antrian)
Queue adalah list linier yang dikenali berupa elemen pertama(head) dan elemen terakhir(tail), dimana aturan penyisipan dan penghapusan elemennya didefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama dengan kondisi satu elemen dengan elemen lainnya dapat diakses melalui informasi "next".
3)      List dan Multi-List(Daftar)
List dan Multi-List adalah sekumpulan list linier yang dengan elemen yang bertype sama, yang memiliki keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari 2 bagian.


·         Non-Linier.
1)      Binary-Tree(Pohon biner)
Binary-Tree adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub-pohon kiri(left) dan sub-pohon kanan(right) dari pohon biner tersebut.
Pohon biner merupakan type yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul yang paling banyak hanya memiliki dua buah anak, dan mungkin tidak punya anak.
Istilah- istilah yang digunakan sama dengan istilah pada pohon secara umum.
2)      Graph(graf)
Graph  merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linier memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antar entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.Banyak entitas- entitas data dalam masalah- masalah nyata secara alamiah memiliki keterhubungan langsung(adjacency) secara tak terbatas.



EmoticonEmoticon