KATA
PENGANTAR
Puji syukur terhadap kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusun dapat menyelesaikan
karya ilmiah yang berjudul “Danpak negatip dan positip Internet
Adapun maksud dilaksanakannya penyusunan
karya ilmiah ini, tidak lain adalah untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia yang
ditugaskan kepada penyusun, sehingga penyusun dan pembaca lebih memahami
tentang pengaruh Danpak negatip dan positip Internet
Ucapan terima kasih kepada Guru pembimbing,
yang telah membimbing penyusun dalam penyusunan Karya Tulis ini.
Serta kepada orangtua yang telah memberi dukungan baik secara moril dan materiil,
dan kepada narasumber yang telah memberikan informasi mengenai pokok bahasan
dalam karya tulis ini dan kepada teman-teman serta pihak-pihak lain yang tidak
dapat disebutka.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, sudilah kiranya para pembaca memberikan masukan dan saran sehingga isi karya tulis ini dapat lebih sempurna. Dan sebelumnya penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan penulisan atau bahasa yang kurang baku dalam karya tulis ini.
Akhirnya penulis berharap semoga isi karya
tulis ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang memerlukannya di masa
yang akan datang.
Hormat
kami
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Dengan hadirnya internet yang merupakan
pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses
berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection
Networking secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala
internasional. Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar,
karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi
secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media
dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan teknologi yang semakin modern
dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tapi juga
menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya, terutama bagi kalangan
pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet
ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang
dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.
Dengan adanya internet yang dapat
mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna internet terutama
dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk melakukan
penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak negatip
internet terhadap pelajar.
1.2. Tujuan Penulisan
1. Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya
2. Menambah pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi pelajar.
1.3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penulisan makalah ini adalah
mencakup pengaruh atau dampak internet terhadap penggunanya. Dampak yang
ditimbulkan oleh internet terhadap pelajar dapat bersifat positip dan dapat
bersifat negatip. Antisipasi perlu dilakukan agar pelajar tidak kecanduan
internet.
1.4. Sumber Data
4.1. Tinjauan pustaka tentang pengertian dan sejarah internet
4.2. Pengamatan langsung terhadap perilaku pelajar sebagi pengguna internet
4.3. Tinjauan pustaka tentang dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
1.5. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
5.1. Tinjauan Pustaka
5.2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB II
PEMBAHASAN DAN ISI
2.1. Internet dan perkembangannya
Internet
sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua
komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian membentuk jaringan
komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling
berinteraksi dan juga saling bertukar informasi.
Sedangkan
pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah
perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi
atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain
dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan
tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi,
internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan
pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan
perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Pada
awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan
bagaimana dengan hardware dan software computer berbabis UNIX bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Dulunya
internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar
informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana
bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia
telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah
itu masih akan terus bertambah lagi.
Bertambahnya
jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini
internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana
mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk jejaring
social seperti e-mail dan facebook serta kini digunakan untuk bisnis mencari
uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika
dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun
bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di
pedesaan pun juga dapat mengakses internet.
Quarterman dan Mitchell membagi kegunaan
internet dalam empat kategori, yaitu:
2.1.1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.1.2. Media pertukaran data, dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
2.1.3. Media untuk mencari informasi atau
data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
2.1.4. Fungsi komunitas, internet membentuk
masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia.
Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi,
berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet
yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai
cyberspace atau virtual world (dunia maya).
2.2. Dampak positip internet terhadap
pelajar
Internet telah banyak membantu manusia
dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam
kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif
maupun negative. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang
pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan
akurat.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai
lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
Internet sangat memberikan pengaruh positip
bagi pelajar. Kemajuan dunia informasi memberikan manfaat positif pada
keberadaan internet. Banyak pelajar yang mendapatkan ilmu dengan bantuan
internet. Bahkan tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan
mencarinya di internet.
Kalau dulu, orang harus membuka berbagai
jenis buku dan koran untuk mencari tahu tentang suatu info. Atau dengan
menyimak radio dan tv. Tapi kini, cukup dengan bantuan internet, semua info
seakan membanjir.
Banyak pelajar yang sudah fasih dengan
manfaat dan kegunaan situs-situs tertentu. Cukup dengan berkunjung ke
wikipedia, misalnya, sesuatu masalah telah terselesaikan. Mereka juga dengan
mudahnya googling untuk mencari tugas dari sekolah.
Selain mempermudah tugas sekolah, internet
juga membantu pelajar untuk mengembangkan diri. Mereka bisa tahu tentang info
beapelajar, info lomba, dan berbagai info bermanfaat lainnya.
Pelajar juga dapat menggunakan internet
untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan mereka. Mereka dapat berteman
dengan siapa saja dari mana saja. Pelajar pun dapat berlatih kemampuan bahasa
asing yang mereka miliki dari teman-teman baru yang didapatnya dari internet.
Berbagai manfaat internet bagi pelajar antara lain yaitu :
2.2.1.1. Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.2.1.2. Media pertukaran data, dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs
web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi
dengan cepat dan murah.
2.2.1.3. Media untuk mencari informasi atau
data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat.
2.2.1.4. Kemudahan memperoleh informasi
yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
2.2.1.5. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
2.2.1.6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
Dampak positip internet terhadap pelajar
sangat besar. Dari pengamatan penggunaan internet bagi pelajar pada warnet,
bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan internet semakin penting sebagai
sarana komunikasi pelajar terutama pada kalangan sekolah menengah pertama dan
sekolah menengah atas. Fasilitas internet seperti e-mail, situs web ( www ), YM
( Yahoo Massenger ) dan jejaring social facebook sudah sangat popular di antara
para pelajar, baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data
untuk penelitian lain juga sebagai alat untuk memperluas pergaulan dan
perkenalan antar pengguna internet. Selain itu, penggunaan internet telah
menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal sebagai ‘bahasa internet’. Memang,
bahasa yang dipakai dengan menggunakan internet tergantung pada siapa dan
dengan siapa pengguna internet berkomunikasi.
Karena dampak positif internet bagi pelajar
sangat banyak, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menggunakan
internet sebagai sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk saat ini
dengan resiko menerima dampak negatifnya.
2.3. Dampak negatip internet terhadap
pelajar
Dampak Negatif Penggunaan Internet secara
umum adalah sebagai berikut :
2.3.1. Cybercrime
Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang
dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
1. Hacking
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan
maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
2. Cracking
Usaha memasuki secara illegal sebuah
jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan
padap jaringan tersebut.
2.3.2. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet
identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian
informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka
dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet
terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.3.3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
2.3.4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang
manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik
adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia
informasi tersebut.
2.3.5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’
(langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang
paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling
banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para
penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)
on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka
menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
2.3.6. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian.
Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus
untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya
perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi sifat
sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada
bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti
menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut
pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut.
Walaupun banyak manfaat positif yang dapat
diperoleh pelajar dari internet. Namun tidak sedikit pula pengaruh negatif yang
ditimbulkan oleh internet.
Beberapa berita melansir adanya penculikan
anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar yang
berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial facebook di internet. Sifat
anak yang mudah percaya pada siapapun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi adalah pengaruh negatif internet
lainnya. Banyak pelajar yang ditengarai sering berkunjung ke situs-situs yang
berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang
sangat memprihatinkan.
Kecanduan permainan online yang melanda
pada pelajar juga merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan
ketergantungan dapat membuat pelajar kehabisan waktu dan energi untuk bermain.
Akibatnya prestasi pelajar pun menurun.
Dampak negatif internet pelajar yang makin
hari semakin terasa memprihatinkan terutama pornografi dan jejaring social
facebook. Banyak yang tidak menyadari akan pengaruh negatif internet khususnya
facebook ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan internet atau facebook.
Tapi justru inilah yang berbahaya, yang tidak disadari. Pengguna internet atau
khususnya facebook di dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun sebanyak
61,1%.
Berikut ini dampak negatip internet
khususnya facebook bagi pelajar :
1. Tidak peduli dengan lingkungan
sekitarnya
Orang yang terlalu asyik dengan dunia yang
diciptakannya sendiri sehingga tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya.
Hal ini sering dilakukan orang yang kecanduan internet atau Facebook. Tidak
peduli dengan lingkungan sekitar, dunianya berubah menjadi dunia internet atau
facebook.
2. Minimnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu
lama bermain internet atau facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi
perkembangan kehidupan sosial pelajar. Mereka yang seharusnya belajar
sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak
di dunia maya bersama teman teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu
yang nggak penting. Akibatnya kemampuan verbal pelajar menurun.
3. Boros
Akses internet khususnya untuk membuka
facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan ( terlebih kalau akses
dari warnet ). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila
dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg garatis). Ini sudah bisa
dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka
menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
4. Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak melihat di depan monitor
tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi
kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas
( kegemukan ), penyakit lambung ( pencernaan ), dan penyakit mata adalah
gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
5. Waktu belajar berkurang
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain
internet atau facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si pelajar. Bahkan
ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
6. Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan
tersebut tidak lagi berlaku bagi para pecandu internet atau facebookers. Buat
mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka
terhadap keluarga menjadi berkurang.
7. Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data
mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal
di internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya
menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali
bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
8. Mudah menemukan sesuatu berbau
pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para pecandu internet
atau facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex. Karena kedua hal
itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah,
inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Di facebook akan
sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
9. Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola
jaringan internet atau khususnya facebook terhadap para anggotanya dan
ketidakdewasaan pengguna internet atau facebook itu sendiri membuat pergesekan
antar facebookers sering sekali terjadi.
10. Rawan penipuan
Facebook juga rawan terhadap penipuan
seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak anak pelajar yang kurang
mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi
dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan. Belakangan penipuan
via facebook kian merajalela.
BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Melihat dampak negatif dan positif
dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya Internet di atas, dapat
disimpulkan bahwa bila dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak
positifnya adalah jauh lebih banyak, jadi tidak mungkin kalau sampai dilarang
di Inonesia.
Internet memberikan manfaat yang begitu
besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media informasi
yang tidak mudah untukdi batasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk
dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untuk mengaksesnya hanya perlu satu
sentuhan jari saja. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada
pemakai internet.
Terlepas dari dampak yang mungkin akan
timbul, internet tetap merupakan suatu teknologi baru di bidang komputer dan
komunikasi yang mampu memberikan berbagai kemudahan bagi para pelajar. Dalam
beberapa tahun ke depan dapat dipastikan bahwa internet akan menjadi tulang
punggung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
3.2. Saran
Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah
dampak negatif terutama untuk pelajar atau remaja adalah sebagai berikut :
1. Online block : banyak dari pelayanan
komersil, seperti American Online dan Prodigy mempunyai mekanisme untuk
mengakses daerah terlarang dan tidak tepat untuk anak-anak atau pelajar. Jika
anda bergabung pada pelayanan online, akrabkan dengannya dan gunakan dengan
persetujuan. Khusus di Indonesia, Radnet – salah satu provider yang ada di
Indonesia memang telah memblokir majalah-majalah porno yang terdapat di
Internet seperti Playboy dan Penthouse.
2. Cheklist : yakinkan bahwa anak-anak dan
remaja tahu mana yang boleh dan tidak boleh. Jangan pernah berikan informasi
pribadi kepada orang asing. Jangan melakukan pertemuan face to face dengan user
yang lain tanpa persetujuan keluarga. Selalu ingat bahwa anonimitas
(ketakbernamaan) dari Net dapat membuat orang menyembunyikan umur dan
identitasnya.
3. Menunggu : tetaplah nongkrong ketika
anak-anak sedang melakukan sesuatu. Tanyakan favorit apa yang mereka lihat,
biarkan mereka mengajarkan pada anda beberapa ‘stroke’net.
Jika anda concern pada kegiatan anak pada online, cobalah berbicara
pada mereka tentang hal tersebut. Buatlah komputer menjadi kegiatan keluarga
sehingga dapat dinikmati dan didiskusikan bersama oleh seluruh keluarga.
4. Lihatlah jam : Perhatikan berapa yang
harus dibayar ketika anak menghabiskan waktunya di online. Banyak tagihan untuk
BBS atau Online service. khususnya pada larut malam, mungkin merupakan indikasi
dari suatu masalah.
5. Special Software : Pertimbangkan
pembelian software pembersih seperti Surfwatch, yang mana akan melindungi
computer yang meload dari salah satu tempat access pada Internet yang diketahui
berisi hal-hal sexual. Suatu usaha untuk mencari halaman Penthouse Web, sebagai
contoh,menghasilkan tulisan di layar “Block by Surfwatch”.
6. Anda tidak sendiri : Persatuan
orang tua dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap
masalah itu bersama- sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat
bertukar pengalaman dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah
yang sama. Juga katakan pada tetangga, karena upaya anda akan sia-sia
jika anak di seberang rumah tanpa batas.
DAFTAR PUSTAKA
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
http://www.scribd.com/doc/21330504/Pengertian-Internet
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://yayang08.wordpress.com/2008/05/07/dampak-internet-bagi-pelajar/
EmoticonEmoticon