Selasa, 26 Maret 2019

Celah Keamana ARP dan Analisis Perancangan Sistem


Cara kerja protokol ARP yang mengirim pesan ARP requiest secara broadcast ke semua komputer ternyata menimbulkan celah keamanan. Di dalam preakteknya ternyata siapapun dijaringan yang berada dalam satu broadcastdomain dapat merespon pesan ARP broadcast tersebut meski isi pesan bukan di tujukan untuknya. Tidak hanya itu siapapun di jaringan juga dapat mengirim ARP request dengan berpura-pura menjadi salah satu host, namun dengan alamat fisik (MAC) yang di palsukan. Malicious host melakukan hal tersebut dengan cara membuat paket (craftedpacket) ARP palsu. Celah keamanan ini biasa dikenal dengan istilah ARP spoofing/poisoning. MiTM (Man in The Middle) adalah serangan lanjutan yang di mulai dari ARP spoofing/poisoning. Di dalam serangan MiTM, attacker akan memposisikan dirinya di tengah-tengah komunikasi antara dua pihak. Seluruh bentuk komunikasi akan melalui komputer attacker. Attacker akan dengan mudah melakukan penyadapan (sniffing), memanipulasi paket(tampering), mengontrol komunikasi dan semua serangan lainya yang di mungkinkan dari serangan MiTM ini.



Analisa sistem keamanan arp spoofing dilakukan agar aplikasi atau sistem yang nantinya dibangun tepat sesuai dengan yang ingin di capai. Dalam membangun sistem ini, perlunya membangun diagram konteks aplikasi atau sistem sehingga nantinya dapat diimplementasikan pada perancangan sistem.



Diagram ini menjelaskan seluruh input ke sistam atau output sistem sehingga dapat memberikan gambaran tentang keseluruhan sistem. Server atau perangkat yang digunakan sebagai firewall dapat di manfaatkan untuk membangun sistem ini. Server atau firewall menjalankan arpwatch yang telah dikonfigurasikan serta berjalan sesuai penjadwalan yang ditentukan. Arpwatch akan mencatat log terjadinya serangan arp spoofing dalam jaringan serta mencatatnya ke dalam logfile. Server atau firewall menjalankan script service arpwatch filter untuk memfilter serangan dalam log file. Addons firefox menunggu respon dari server untuk mendeteksi serangan. Setelah mendeteksi serangan, addons firefox dapat melakukan drop out attacker dari action user. Server akan merespon action user dan kemudian segera memberi instruksi pada Mikrotik untuk melakukan drop out alamat mac attacker dari jaringan tersebut.



EmoticonEmoticon