Senin, 26 November 2018

Penjelasan MAC Address Spoofing


Spoofing berasal dari kata spoof yang berarti meniru fungsi dari program yang asli, hal ini biasanya dilakukan oleh seorang attacker. Spoof berjalan dalam sistem lokal dan merupakan program hidup yang menampilkan perintah atau tampilan yang palsu kepada pengguna, dimana  attacker mengirimkan pesan ke suatu komputer dengan alamat IP yang menunjukkan bahwa pesan dikirim melalui port komputer yang aman, padahal sebenarnya pesan tersebut dikirim dari komputer penyerang. Spoofing memiliki beberapa teknik di antaranya IP Spoofing, DNS Spoofing, Identity Spoofing, Web Spoofing, salah satu yang akan di bahas yaitu MAC Spoofing.

MAC Spoofing adalah sebuah cara dimana  seorang attacker akan mengubah atau memalsukan sebuah Mac Address. Biasanya Mac Address terdapat pada suata perangkat NIC seperti Laptop,  Android, Komputer, Router dan lain lain sebagai indentitas secara permanen. Ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan authentication client pada suatu sistem server untuk saling bertukar informasi.
Tujuan seorang attacker mennggunakan MAC Addres spoofing yaitu untuk mendapatkan akses ke jaringan atau menyembunyikan siapa indentitas attacker yang sebenarnya.

Contoh cara Mengubah Mac Addres di Kali Linux
Pertama masuk ker terminal linux lalu ketikan perintah di bawah ini  :
# ifconfig
# ifconfig eth0 down
# ifconfig eth0 hw ether XX:XX:XX:XX:XX:XX
# ifconfig eth0 up
Ganti XX:XX:XX:XX:XX:XX sesuai dengan yang di inginkan  tapi tidak melebihi ketentuan. Nilai yang bisa inputkan adalah bilangan heksadesimal.


Cara mengatasi Mac Address Spoofing

  • Meningkatan kesadara bahwa keamanan data/informasi itu sangat penting.
  • Membatasi akses ke daftar Mac Address yang telah ditentukan.
  • Menggunakan perangkat yang mempunya security Mac Addres Spoofing contohnya Switch BROCADE.





EmoticonEmoticon