Sabtu, 28 September 2019

Memahami Pengertian Multimedia Content Production dan Multimedia Communication



Multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication. Kedua kategori tersebut berbeda fungsi karena penggunaannya juga berbeda. Media Communication sering digunakan untuk media massa seperti televisi, radio, internet, dan media cetak yang berguna untuk mempublikasikan, menyiarkan dan mengkomunikasikan material periklanan, entertainment, berita atau pendidikan.

Multimedia Content Production (Isi Produksi Multimedia)
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll). Isi produksi multimedia bias diartikan penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) menjadi sebuah media komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:

• Media Teks
• Media Audio
• Media Video
• Media Animasi
• Media Graphic / Image
• Media Interactivity / Interaktif
• Media Special Effect


1.    Media Teks
Menggunakan teks sebagai media merupakan perkembangan manusia sejak peradaban manusia pertama kali sejak dikenalnya simbol hingga berkembang ke arah bentuk teks. Pesan yang di sampaikan dalam bentuk teks menjadi informasi yang begitu penting dan dapat menjadi sangat menarik bila ditambahkan headline, font, atau diberi image dan suara.. Teks dapat berupa huruf, kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.
2.    Media Audio
Berupa efek suara, lagu atau narasi. PC multimedia yang tanpa bunyi bukanlah multimedia, tetapi disebut unimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, music, dan efek-efek suara, seperti halnya grafis, audio dapat dipenuhi dengan cara membeli atau menciptakan sendiri.
3.    Media Video
Merupakan tampilan gambar bergerak yang telah direkam sebelumnya. Media ini menyediakan sumber daya tampilan yang kaya dan hidup baru aplikasi multimedia.
4.    Media Animasi
Animasi merupakan perubahan visual dengan perubahan waktu yang signifikan dan memberikan kekuatan besar pada proyek multimedia. Multimedia Content Production dapat di animasikan secara keseluruhan atau dibagian tertentu sehingga memberi aksen supaya lebih menarik. Penggunaan aplikasi computer untuk menciptakan gambar-gambar bergerak, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang ditampilkan pada layar atau monitor.
5.    Media Graphic/Image
Penggunaan image atau gambar dalam presentasi publikasi multimedia agar lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan teks. Gambar dapat meringkas penyajian data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks.
6.    Media Interactivity/Interaktif
Merupakan media yang memuat menu-menu khusus yang dapat diklik oleh user untuk memunculkan informasi berupa audio, visual, dan fitur lain yang diinginkan oleh pengguna.
7.    Media Special Effect
Merupakan media yang dalam penampilan visualnya menyajikan efek-efek khusus yang dibuat melalui berbagai software pendukung multimedia. Tujuannya memperindah tampilan visual dari objek yang ditampilkan.

Multimedia Communication (Multimedia Komunikasi) Komunikasi multimedia merupakan aplikasi dari produk akhir multimedia yang ditampilkan mellaui media massa seperti televise, radio, surat kabar, dan internet. Biasanya material yang disampaikan adalah bidang advertising, publicity, entertainment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1.    TV Televisi
biasanya menampilkan produk akhir dari pengerjaan multimedia berupa iklan, animasi, video clip atau film-film dengan special effect yang pada penyajiannya menampilkan audio dan visual sekaligus.
2.    Radio Media
ini menyajikan siaran iklan ataupun bumper audio, yang disiarkan kepada masyarakat luas dalam bentuk suara, dengan tujuan memperkenalkan/meningkatkan penjualan sebuah produk.
3.    Film
Pembuatan sebuah film tidak pernah luput dari multimedia, mulai dari produksi hingga proses penanyangannya. Jadi sudah sangat jelas bahwa film merupakan salah satu produk akhir dari multimedia.
4.    Cetak
Media public dalam bentuk cetak seperti majalah, koran, selebaran, dan spanduk adalah salah satu bentuk media dua dimensi dari multimedia.
5.    Musik
Merupakan salah satu bagian dari multimedia berupa penyajian suara/audio dalam bentuk alunan lagu menarik. Penyampaian musik dilakukan melalui seperangkat alat audio berupa speaker/perangkat audio system.
6.    Game
Merupakan produk akhir multimedia bentuk permainan yang diciptakan dari perangkat lunak computer yang menyajikan animasi, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.
7.    Entertaiment
Merupakan sarana atau tempat yang menyajikan hiburan, seperti bioskop, tempat karaoke, arena bermain 8yang menggunakan aplikasi multimedia (game).
8.    Tutorial
Pemanfaatan multimedia pada tutorial dapat diaplikasikan dalam bentuk CD pembelajaran, materi untuk pendidikan atau dapat juga berupa e-book dengan format tampilan interaktif.
9.    ICT (Internet)
Adalah salah satu media informasi yang paling lengkap, karena pada fungsinya dapat menyajikan hampir semua format multimedia, baik berupa image/gambar, audio, video, interaktif, e-book. Jangkauan media internet lebih luas karena dapat diakses di seluruh dunia, sehingga menjadi sangat efektif dalam mendukung publikasi dari produk multimedia.


EmoticonEmoticon