Bisnis Market Place Pakaian
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha
Pengasih lagi Maha Panyayang, saya ucapkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul “Bisnis Online Ciireng Crispy” guna
memenuhi tugas mata kuliah Technopreneurship.
Makalah ini telah saya susun dengan
maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat
memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima
kasih kepada Bapak M.Ikhsan.
selaku
Pembimbing dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah
ini.
Terlepas dari semua itu, saya menyadari
sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun
tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala
saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Demikian penyusun mengharapkan semoga dari
makalah ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan
inspirasi terhadap pembaca.
Jakarta, 16 Februari 2019
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini, dengan adanya
media internet setiap orang dapat menjalankan bisnis menjadi semakin
mengglobal. Bila biasanya memasarkan produk atau jasa secara offline yang biasa
dilakukan di tempat usaha berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis,
sekarang bisa menjual produk atau jasa di internet menggunakan website, pasar
menjadi lebih luas, pasar bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung
maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal putuskan, ingin
fokus untuk menjangkau pasar yang mana.
Kita bisa mengakses internet di mana saja.
Perbedaan bila berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila berjualan offline,
calon pembeli dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko, tetapi dengan
berjualan online bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet di
manapun mereka berada yang membuka website kita. Kita dapat membuka pasar baru
seketika. Karena itu bagaimana cara memulai bisnis online?.
Sebagai awal untuk memulainya, tentunya
harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website
baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Di website,
bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan dengan data
yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi. Foto atau gambar
dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan online agar calon pembeli
bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data
produk yang detail, calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau
membeli atau tidak pada saat itu juga.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah karya ilmiah ini
adalah sebagi berikut:
Bagaimana cara memulai bisnis online ?
Bagaimana cara meningkatkan bisnis penjualan
secara online ?
Tujuan
Adapun tujuan masalah karya ilmiah ini
adalah untuk mengetahui:
Cara memulai bisnis online,
Langkah-langkah meningkatkan bisnis
penjualan secara online.
Manfaat
Dapat menambah ilmu dan pengetahuan penulis
terhadap bagaimana cara memulai bisnis di kalangan mahasiswa. Dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman bagaimana cara memulai bisnis di kalangan mahasiswa
bagi pembaca dan orang-orang sekitarnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Cara Memulai Bisnis Online
Kebanyakan mahasiswa Indonesia masih enggan
menggeluti bisnis usaha. Padahal, melakukan usaha bisnis semenjak kuliah
merupakan cara kreatif dan cerdas untuk mempersiapkan diri setelah kelak
menjadi seorang sarjana.
Kebanyakan mahasiswa tanah air lebih suka
mencari lowongan pekerjaan setelah usai kuliah dibanding dengan melakukan
kegiatan wirausaha. Beruntung bila yang bersangkutan memiliki skill dan
kemampuan akademis yang bagus, pekerjaan dengan mudah akan diperoleh. Namun,
jika tidak, para sarjana hanya akan terkatung-katung dengan masa tunggu dalam
menemukan pekerjaan yang diinginkannya. Oleh karena itu, menjadi pebisnis sejak
dini merupakan cara pintar orang-orang sukses.
Cara memasarkan bisnis nya bagi para
kalangan mahasiswa itu tidaklah sulit. Pemasaran online saat ini cukup banyak
dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha.
Pemasaran online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat
ini dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata.
Dunia online atau dunia internet merupakan
ruang global yang memungkinkan siapa saja bisa masuk ke dalamnya, tanpa harus
terhambat oleh batasan ruang dan waktu. Karena saat ini orang bisa mengakses
internet kapan saja dan di mana saja. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan
oleh para pelaku bisnis, seperti para mahasiswa, yaitu dengan cara melakukan
pemasaran online yang intensif. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada di
dunia nyata juga menjelma di dunia maya. Hal ini sebagai tuntutan perluasan
ruang kehidupan manusia yang mulai mendominasi dunia maya. Pemasaran online merupakan
bentuk pemasaran yang dilakukan di internet dunia maya dengan berbagai cara dan
strategi yang bisa mendatangkan konsumen tanpa batasan tempat dan waktu. Ruang
global akan memberi kesempatan yang lebih luas pada upaya pemasaran yang Kita
lakukan. Bagaimana caranya agar pemasaran online yang kita lakukan bisa
berjalan dengan baik dan maksimal? Perlu dilakukan berbagai bentuk strategi
yang hasilnya akan meningkatkan penjualan secara lebih drastis. Strategi
pemasaran online juga membutuhkan kreativitas dan inovasi agar orang tidak jemu
dengan gaya berjualan yang monoton.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan
beberapa strategi pemasaran online yang bisa dijalankan. :
Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau
lainnya
E-mail adalah surat elektronik yang berguna
untuk komunikasi sebagai perantara pesan.
kita, serta syarat untuk memiliki atau
membuat akun lainnya.
Miliki sebuah web atau blog
Hal ini penting sebagai alat promosi atau
pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita
maksimalkan dari web
atau blog itu sendiri
.
Beriklan
Iklan adalah senjata ampuh mencari
pelanggan dengan iklan tersebut calon pelanggan akan tahu tentang apa yang kita
promosikan dan tentunya iklan yang memiliki daya tarik yang menggerakkan calong
pelanggan ada rasa penasaran ingin mengetahui.
Maksimalkan yang kita miliki
Memanfaatkan akun jejaring sosial kita
seperti facebook, twitter, google plus sebagai tempat share melihat dari
masyarakat kita yang lebih suka bermain dengan facebook dan twitter sebagai
pengisi waktu luang dan menghabiskan waktu.
Tentukan segera jenis barang bisnis atau
layanan jasa yang akan Anda jual
Ada banyak produk yang cocok dijual di
internet seperti buku, aksesoris, pakaian, elektronik atau berupa layanan jasa
seperti jasa desain, jasa penulisan, jasa pembuatan website atau blog dan lain
sebagainya. Tentukan dahulu apa yang menjadi tujuan produk atau jasa bisnis
Anda.
Segera bangun toko online baik melalui
jejaring sosial, blog ataupun website toko online
Contoh website dan social media yang biasa
dipergunakan untuk berbisnis:
Kaskus.co.id
Tokobagus.com
Berniaga.com
Facebook.com
Twitter.com
Instagram.com
Blogger.com
Lakukan promosi online yang gencar
Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan
dari seberapa besar usaha marketing yang telah dilakukan. Demikian juga dengan
peluang bisnis online yang Anda garap.Bisnis online menuntut Anda melakukan
upaya-upaya marketing yang kreatif dan unik sehingga membuat para pengguna
internet tertarik untuk melihat produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.
Perpaduan pemasaran online dan pemasaran
dunia nyata
Jika mulai tertarik untuk merambah ke
pemasaran online, sebaiknya jangan pernah tinggalkan marketing di dunia nyata.
Kombinasikan dan jalankan kedua-duanya sehingga hasil yang diperoleh akan lebih
maksimal. Pasar dunia nyata juga memiliki prospek yang sangat baik, dengan cara
menjalankan keduanya secara bersamaan, artinya ada dua peluang yang sudah
dilakukan. Hasilnya, produk pun akan semakin banyak dikenal orang.
Memperbanyak relasi jaringan di dunia maya
Sebelum yakin dengan pilihan pemasaran online,
pastikan memang memiliki jaringan yang cukup kuat di dunia maya. Misalnya
memiliki beberapa akun jejaring sosial yang memiliki jumlah teman yang sudah penuh,
memiliki akses website yang mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan
sebagainya. Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas email untuk mempromisikan
berbagai produk bisnis. Namun, juga perlu memerhatikan etika dalam menjalankan
pemasaran online, misalnya dengan tidak melakukan spaming.
Menjaga kredibilitas perusahaan di dunia
maya
Dunia maya atau dunia online merupakan
dunia yang rentan dengan kasus-kasus penipuan. Banyak orang malas dan tidak
berminat membeli sebuah produk bisnis melalui internet dengan alasan takut
dengan berbagai kasus penipuan. Inilah permasalahan utama dalam pemasaran
online. Maka, kita perlu mengatasinya dengan menjaga kredibilitas perusahaan
yang dimiliki. Caranya adalah dengan menunjukkan eksistensi dan identitas yang
jujur dan transparan kepada pelanggan. Mungkin banyak diantara mahasiswa yang
enggan menjalankan bisnis, artinya kita juga harus sudah siap menghadapi
berbagai risiko bisnis.
Jujur
Modal akhir senjata ampuh untuk sukses
adalah jujur, kita tidak melakukan pembohongan terhadap pelanggan kita, dan
jasa atau produk yang kita jual benar dan baik adanya. Aktivitas apapun yang
kita jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang
dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup. Bisnis adalah
pekerjaan penuh risiko, inilah yang menjadi alasan utama orang-orang yang
enggan menekuni dunia bisnis. Bisnis adalah pekara untung-untungan yang penuh
dengan risiko. Risiko bisnis yang paling parah adalah saat kita mengalami
gulung tikar atau bangkrut. Kebangkrutan biasanya juga sebanding dengan skala
usaha yang kita jalankan. Kebangkrutan yang dialami oleh seorang pengusaha
besar bahkan bisa menyebabkan orang yang bersangkutan mengalami depresi dan
tekanan mental. Risiko bisnis terkadang juga berujung kepada intimidasi, teror
dan kematian, ini salah satu bentuk risiko bisnis yang paling mengerikan.
Melihat berbagai bentuk risiko bisnis di
atas, apakah kita akan takut dalam menjalankan sebuah bisnis usaha? Yang paling
diperlukan adalah bagaimana upaya dan strategi yang harus kita lakukan untuk
menghadapi berbagai risiko bisnis tersebut.
Berikut ini diberikan berbagai cara dan
langkah yang bisa kita lakukan untuk menghadapi berbagai risiko bisnis yang
mungkin akan muncul:
Bersabar dan memahami bahwa tak ada
aktivitas tanpa risiko, tak ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan dan
perjuangan.
Sukses adalah perkara yang tidak bisa
didapatkan secara instan, sukses membutuhkan proses. Di dalam proses yang kita
jalani, sudah pasti di dalamnya akan banyak sekali terjadi hambatan, tantangan
dan risiko yang akan mengganggu komitmen kita dalam menjalankan sebuah bisnis
usaha. Maka sikap sabar harus senantiasa dilekatkan pada jiwa-jiwa para
pengusaha yang ingin agar usaha mereka itu sukses. Risiko bisnis yang bisa
muncul untuk menguji kesabaran biasanya adalah keuntungan yang kecil atau
bahkan kita harus minus, dilecehkan para pelanggan, kurangnya jumlah modal yang
kita miliki, banyak orang merasa iri dan tersaingi oleh kita dan sebagainya.
Maka, kita harus bijak dan sabar. Mengelola emosional adalah cara yang paling
tepat untuk menjaga kualitas kesabaran yang kita miliki.
Mempersiapkan berbagai alternatif sebelum
risiko bisnis itu datang.
Sebelum risiko Bisnis datang misalnya
sebuah kebangkrutan, maka kita perlu memiliki langkah alternatif yang harus
bisa kita wujudkan. Misalnya kita sudah mampu memprediksikan bahwa bisnis
warnet yang kita kelola akan mengalami kebangkrutan karena semakin mudahnya
akses internet di rumah, maka kita sudah bisa mempersiapkan langkah lain, yakni
dengan mengalihkan bisnis kita ke dalam bentuk bisnis lainnya yang lebih
prospek untuk saat itu di tempat kita menjalankan usaha bisnis.
Membangun hubungan yang baik dengan semua
orang adalah cara terbaik untuk menghadapi risiko bisnis berupa rasa iri dan
kebencian orang lain.
Jangan sombong menjadi pengusaha yang
hebat, sebaliknya semakin hebat kita maka selayaknya kita semakin ramah dan
baik pada semua orang. Sikap kita yang baik akan menghindarkan kita dari
banyaknya jumlah musuh. Ingat bahwa pasti ada orang yang iri dengan usaha
bisnis yang kita jalani, bahkan mungkin mereka bisa melakukan tindakan kriminal
atau mistik untuk menghancurkan usaha bisnis yang kita miliki. Namun, hal
tersebut bisa dicegah atau dikurangi apabila kita bersikap baik kepada semua
orang, atau pihak-pihak yang membenci kita. Menjadikan rival sebagai mitra
adalah cara yang cerdas.
Meningkatkan Bisnis Secara Online
Bila Anda seorang yang mempunyai bisnis online
atau lebih spesifiknya lagi seorang yang berjualan produk secara online tentunya
sering mengalami hambatan dan permasalahan. Inti dari semua permasalahan Anda
sebetulnya adalah Anda ingin 'sukses' dalam berbisnis, sukses ini tercapai
dengan sarana penjualan produk Anda yang meningkat. Ada beberapa tips yang
dapat dimanfaat untuk dapat meningkatkan penjualan produk secara online.
Perlihatkan kepada calon customer Anda
bahwa Anda begitu antusias terhadap Produk dan bisnis Anda. Jika Anda Antusias,
mereka pun akan antusias karena antusias itu bersifat menular.
Akhiri E-mail penjualan Anda dengan
kata-kata close yang mantap seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat
praktis, dan deadline order, dsb.
Tenteramkan customer Anda yang melakukan complain.
Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan
mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tsb, dsb.
Buat sedemikian rupa agar customer Anda
merasa tertarik terhadap bisnis. Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu
kepada rekan-rekan bisnis yang lain. Berikan mereka sesuatu yang gratis juga
menarik sebagai bonus, atau sejenisnya.
Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek
Anda sehingga mereka kelak akan membeli dari Anda. Gunakan referensi yang baik
dari orang-orang yang telah menjadi customer Anda sehingga mereka bisa melihat
siapa saja yang telah menjadi customer Anda, berikan juga jaminan atau garansi
kepada mereka, dan sebagainya.
Buat pada situs web Anda opt-in list sehingga
pengunjung situs Anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books,
software, kontest, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat e-mail
mereka karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat sesuatu yang bagus
gratis walaupun mereka sanggup membelinya.
Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya
80% dari isi situs Anda harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara
umum bagi para pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil
perusahaan Anda serta produk atau jasa yang Anda pasarkan.
Upayakan apabila customer Anda membeli
sesuatu dari Anda, mereka mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang
mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara
online.
Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit
dari suatu newsletter online, Hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang bersifat
informasi jangan bersifat iklan.
Perlihatkan kepada prospek Anda bahwa Anda
adalah seorang yang pakar di bidangnya karena hal tersebut dapat meyakinkan
mereka. Anda dapat menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan
sejenisnya.
BAB III
PENUTUP
Simpulan
Bila Anda ingin memulai bisnis online jangan
takut! Bisnis online tidak terlalu banyak risiko karena tidak memerlukan tempat
untuk memulai usaha. Anda tidak akan rugi biaya bangunan. Anda hanya
membutuhkan biaya untuk menjalankannya saja seperti biaya internet ataupun
biaya hosting untuk web Anda bila Anda menggunakan website untuk took online anda.
Bila Anda seorang yang mempunyai bisnis online
atau lebih spesifiknya lagi seorang yang berjualan produk secara online tentunya
sering mengalami hambatan dan permasalahan. Inti dari semua permasalahan Anda
sebetulnya adalah anda ingin 'sukses' dalam berbisnis, sukses ini tercapai
dengan sarana penjualan produk anda yang meningkat.
Saran
Apa bila ingin melakukan bisnis online ada
beberapa tahapan yang harus kita lakukan pada saat memulainya yang paling
penting itu adalah mempunyai E-mail karena sangat berguna untuk berkomunikasi
dan bertransaksi dengan pelanggan atau konsumen yang ingin memesan barang
dagangan nanti. Berikutnya kita harus menentukan jenis barang bisnis apa yang
ingin di jual pada konsumen, lalu harus mempunyai banyak relasi jaringan di
dunia maya, jangan lupa untuk beriklan, melakukan promosi online secara gencar,
menjalin hubungan yang baik terhadap konsumen dan yang terakhir dan yang paling
penting adalah jujur dalam berdagang.
EmoticonEmoticon