Minggu, 27 Januari 2019

Penjelasan Singkat Tipe Data File



Seringkali pada program-program aplikasi untuk sistem informasi, data perlu disimpan untuk keperluan penegelolaan lebih lanjut. Bila data yang perlu disimpan mempunyai volume yang cukup besar, maka penggunaan variabel maupun larik sudah tidak tepat lagi, karena variabel dan larik menggunakan memori internal komputer, sehingga tidak cukup untuk menampungnya. Variabel dan larik hanya tepat digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan untuk proses saja. Untuk menyimpan data dengan volume yang besar harus digunakan cara yang lain, yaitu dapat dengan menyimpannya di external memory yang relatif mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar daripada internal memory serta involatile (tidak hilang bila aliran listrik terputus, sehingga dapat menyimpan data lebih permanen).

Data yang ada di external memory disimpan dalam bentuk file. File ini dapat diibaratkan dengan map-map yang berisi dengan data di filling cabinet dan filling cabinet itu sendiri dapat diibaratkan sebagai simpanan luarnya. Seperti halnya filling cabinet yang dapat menyimpan beberapa map, demikian juga dengan disk dapat menyimpan beberapa file. Suatu file terdiri dari urutan komponen yang mempunyai tipe yang sama. Berbeda dengan larik yang jumlah komponennya sudah pasti, jumlah komponen dalam file sifatnya luwes, yaitu dapat ditambah dan dikurangi sewaktu-waktu. File terdiri atas sekumpulan record yang sejenis. Data di dalam file disimpan secara permanen atau tetap, yaitu di dalam media penyimpanan eksternal misalnya disket atau hardisk. Keuntungan penggunaan file ialah tersedianya data yang dapat digunakan untuk berbagai proses, dan berulangkali dibaca tanpa harus mengetikkan data setiap kali digunakan

Di dalam Pascal terdapat 3 (tiga) macam file, yaitu:
a. File bertipe Merupakan jenis file yang mengharuskan menyebut tipe komponen file sebelum dilakukan akses.
 b. File teks Merupakan file yang elemennya berupa baris. File teks dibuat dengan menggunakan editor teks.
c. File tak-bertipe Merupakan file yang diakses tanpa menyebutkan tipe file. File bertipe maupun file teks dapat diakses melalui file tak-bertipe.



EmoticonEmoticon